Wednesday, July 9, 2008

HATI IBU

Bila kita mengingat akan perjuangan beliau memberi kita kehidupan selama 9 bulan dalam rahimnya berikan kita sejuta kenyamanan dalam elusan tangannya yang kokoh dalam menopang dunia berikan sejuta ketegaran dalam kerapuhan jiwa, menerima diri kita dalam suka ataupun duka, menyunggingkan senyum saat penolakan yang kita berikan dan tetap menjadi seorang ibu walau kata-kata telah sangat menorehkan kepedihan dalam hatinya…akankah kita lupa bila kita telah memaksakan kehendak kita selama 2 tahun memintanya untuk tetap menyediakan air susunya demi kita? bilapun itu tak dapat beliau berikan akankah kita lupa betapa beliau sangat merasa berdosa telah merampas hak kita sebagai anak?dan apakah ibu akan berdiam diri dalam ketidakmampuannya menolak kehendak Tuhan?sama sekali tidak tak pernah ada kata menyerah dalam hidup ibu dalam perjuangannya untuk memberikan kita sesuatu hal yang indah…

Ibu hanya seorang perempuan yang tercipta dari rusuk lelaki yang Tuhan ciptakan namun ibu mampu berikan satu rasa aman ditengah kegelisahan, tataplah mata beliau yang kini semakin dihiasi oleh kerutan usia adakah penyesalan beliau memiliki kita?beliau ciptakan keindahan yang tak akan pernah bisa kita ucapkan lewat kata-kata ataupun kita coba lukiskan lewat sebuah kanvas putih!Segalanya terlalu indah…dan pernahkah kau mendengar seorang ibu menagih segala hutang ketidaknyamanan beliau yang telah kita ciptakan selama ini?Sampai hatikah seorang ibu meninggalkan kita disaat kita merasa sendiri?Bila kita hendak merunut segala pengorbanan seorang ibu disanalah kita sangat merasa kecil…tak berarti dan kita hanya mampu ucapkan terimakasih…walaupun kau sangat tahu bahwa kata-kata itupun tak akan pernah mencukupi segalanya….sampai hatikah kita memberikan luka baru disaat ini?Ibu….seandainya saja aku mampu menjadi seperti dirimu….aku adalah seorang yang sangat beruntung! namun ibu aku tak kan pernah bisa seperti dirimu karena ibu tak akan pernah ada yang menyamai…

Ketenanganmu, ketegaranmu, kekuatanmu adalah anugerah yang terbaik yang Tuhan berikan kepadaku….ibu…biarkan aku menyeka airmatamu saat kau sedih…biarkan aku coba untuk sunggingkan senyum dibibirmu…ibu….aku hanya seorang anak yang pernah gagal dan kini aku kembali meminta darimu satu doa…ibu…ajarkan aku menjadi seorang ibu….ibu….maafkan segala semua kata-kata yang menyakiti hatimu, penolakanku….biar kubasuh kakimu…dan ibu biarkan aku mengabdi padamu…Akankah aku menjadi sepertimu?

0 comments: